SEJARAH SINGKAT FAKULTAS FISIPOL UNSA

     Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar berkedudukan di Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat. Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sumbawa Besar dengan cikal bakalnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STIP) Sumbawa Besar.

Universitas Samawa yang berada dalam pembinaan Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Samawa, adalah salah satu universitas yang ada di pulau Sumbawa, dikembangkan atas dasar usul dan aspirasi masyarakat, animo para lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), karyawan, guru, pegawai pemeritah maupun swasta yang sangat mengharapkan dibukanya suatu perguruan tinggi dalam bentuk universitas yang refresentatif, terjangkau dari segi jarak dan biaya serta memiliki berbagai disiplin ilmu. Pembukaan Universitas Samawa terlebih dahulu telah melalui proses pengkajian dan penelitian yang mendalam serta pertimbangan yang matang sehingga sampai pada taraf kesimpulan tentang pentingnya keberadaan Perguruan Tinggi di Kabupaten Sumbawa. Atas restu dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa, kemudian secara intensif dilakukan persiapan-persiapan/pengurusan oleh Ketua STKIP Sumbawa dan Ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Samawa, dalam rangka merealisir berdirinya Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar.

Usulan pengembangan STKIP Sumbawa menjadi UNSA Sumbawa Besar diajukan oleh Ketua STKIP Sumbawa, bersama ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Samawa dengan surat permohonan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui Kopertis Wilayah VIII Denpasar, dengan nomor surat: 061/YPKS–SBW/V/1997, tertanggal 12 Mei 1997, perihal pengembangan STKIP Sumbawa menjadi Universitas Samawa Sumbawa Besar. Atas dukungan berbagai pihak, syukur alhamdulillah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 178/D/O/1998 berdirilah Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar dengan status terdaftar, terhitung mulai tanggal 29 Desember 1998. Program studi tersebut adalah Program Studi Ekonomi Pembangunan, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Program Studi Nutrisi Makanan Ternak (Ilmu-Ilmu Peternakan), Program Studi Agronomi (Agroekoteknologi), Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi dan Program Studi Teknik Sipil. Seluruh program studi tersebut adalah program studi jenjang strata-1. Selain program studi tersebut di atas, juga terdapat program Studi Keuangan dan Perbankan serta Teknik Mesin yang berjenjang diploma tiga (D3). Selanjutnya seiring dengan perkembangan masyarakat maka semakin banyak dibutuhkan tenaga kerja professional untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dan dunia usaha. Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi dan Manajemen berinisiatif untuk membuka program studi baru pada tahun 2017 yaitu Program Studi Manajemen. Dengan demikian Fakultas Ekonomi dan Manajemen sampai saat ini terdiri dari tiga (3) program studi yaitu Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1) dan Program Studi Keuangan Perbankan (D3), dan Program Studi Manajemen (S1). Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Program studi Keuangan Perbankan terakreditasi dengan predikat B sejak tahun 2017 dan akan terus diusahakan agar dapat ditingkatkan menjadi akreditasi A.